Manfaat Daun Cincau untuk Diabetes

Manfaat Daun Cincau untuk Diabetes

Manfaat yang dimiliki daun cincau, memang sudah terkenal sampai ke ujung dunia.

Tapi, apakah anda tahu bahwa daun cincau ini bisa menyembuhkan diabetes ?

Jika tidak, simak informasi lebih lanjutnya disini !

Manfaat Daun Cincau untuk Diabetes

Sekilas Tentang Daun Cincau

Daun cincau atau yang disebut dengan Cycleabarbata merupakan tanaman yang tergolong kedalam tumbuhan menispermaceae. Tumbuhan ini dikenal dengan sebutan nama daerah seperti camcauh, juju, tarawulu dan kepleng.

Daun cincau ini mempunyai kandungan kimia yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Sebab, didalam daun cincau ini mempunyai segudang kandungan seperti karbohidrat, zat lemak, alkaloid siklein, saponoid, flavonoid, kardiolegikum dan lain sebagainya. Manfaat Daun Cincau untuk Diabetes

Menurut tradisional, daun cincau ini sudah dipercaya sebagai bahan obat-obatan dalam menurunkan berat badan, panas dalam, demam, sakit perut, diare dan gangguan pencernaan. Bahkan, menurut penelitian para ilmiah pun mengatakan bahwa daun cincau ini sudah terdaftar sebagai obat antikanker.

Lantas mengapa tumbuhan ini bisa disebut cincau? Alasannya karena, cincau sendiri berasal dari nama tumbuhan yang menjadi bahan utama dalam pembuatan gel. Selain itu, cincau ini berasal dari wilayah dialek hokkian sienchau yang sering di sebut di kalangan bangsa tionghoa di asia tengara.

Di indonesia, daun cincau ini dibagi menjadi dua bagian. Pertama ialah cincau hitam yang biasa di jual di negara china, korea, asia tenggara dan lain-lain. Kedua adalah cincau hijau yang banyak di olah di bandung dan sekitar jawa barat. Yang mana, cincau hijau di wilayah bandung kini di sebut dengan camcau. Sehingga, penjual es camcau di bandung telah menyebar luars kemana-mana sampai kepulau jawa. Manfaat Daun Cincau untuk Diabetes

Kandungan Daun Cincau

Seperti yang telah diketahui bahwa, daun cincau ini bisa dikonsumsi oleh semua kalangan usia baik anak-anak, orang dewasa sampai lansia. Didalam daun cincau ini mengandung kaya akan mineral seperti kalsium dan juga fosfor. Untuk itu, keberadaan daun cincau ini sampai saat ini juga sudah terkenal di semua juru benua. Akan tetapi, daun cincau ini akan terbilang sangat jarang apabila mereka tinggal di daerah yang terpencil alias jauh dari kota-kota.

Tak hanya itu saja, daun cincau juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Lantaran, daun cincau ini mengandung rendah kalori dan tinggi serat. Dimana serat tersebut, sangat berkhasiat sekali dalam membersihkan semua organ percernaan dari zat karinogen akibat kanker.

Kemampuan cincau juga sampai saat ini sudah diuji diberbagai laboratorium dengan cara di sebarluaskan pada empat macam sel kanker seperti sel kanker darah, kanker mulut rahim, payudara dan juga kanker paru-paru. Sehingga, hampir sekitar 55-90% dari ekstrak daun cincau ini ternyata sudah terbukti mampu membunuh perkembangannya sel kanker darah didalam tubuh. Manfaat Daun Cincau untuk Diabetes

Sedangkan, keahlian daun cincau yang dapat membunuh sel kanker dapat menghabiskan kandungannya senyak 60%. Hal ini dibuktikan karena, daun cincau ini telah teruji oleh para penelitian yang bisa menyingkiran semua senyawa-senyawa bahaya pencetus kanker. Sampai saat ini, khasiat daun cincau terhadap kanker sudah menjadi perhatian banyak orang.

Berikut ada beberapa kandungan lain yang terdapat pada daun cincau, yaitu :

  1. Protein
  2. Zat besi
  3. Vitamin A, B1 dan C
  4. Serat kasar
  5. Klorofil

Dari kesemua kandungan diatas, ternyata sangat berkhasiat sekali dalam menjaga kesehatan. Selain untuk sel kanker, manfaat daun cincau juga bisa membantu dalam menyembuhkan diabetes.

Akan tetapi, ketika anda mempunyai masalah kesehatan yang lain pun, maka anda bisa memanfaatkan daun cincau sebagai bahan pengobatannya. Sebab, daun cincau ini dapat membantu anda dalam menyembuhkan salah satu penyakit yang sedang menghantui diri anda. Manfaat Daun Cincau untuk Diabetes

Manfaat Daun Cincau untuk Diabetes

Membahas manfaat daun cincau yang bisa menyembuhkan diabetes, ternyata didalam daun cincau ini mengandung senyawa klorofil dan senyawa bisbenzilsokuinolin. Yang mana kedua senyawa tersebut, dapat membantu sekali untuk mengobati diabetes. Alasannya karena, hal tersebut dapat bermanfaat sekali dalam mengatur kadar gula darah tinggi supaya balik lagi ke seperti semula.

Diabetes sendiri merupakan suatu kondisi penyakit yang akan berangsur lebih lama ataupu kronis dengan di tandai kadar gula darah yang sangat tinggi. Glukosa yang menimbun didalam darah akibat tidak bisa menyerap sel tubuh dengan secara baik. Nyatanya glukosa tersebut dapat mendatangkan berbagai macam gangguan terhadap organ tubuh anda.

Sehingga, apabila diabetes tersebut sudah tidak bisa lagi terkontrol dengan baik, alhasil penderitanya akan mengalami berbagai macam komplikasi yang dapat membahayakan nyawa pengidapnya.

Ketika sedang terkena diabetes, mungkin sudah dipastikan kinerja insulin sudah tidak bisa berfungsi dengan baik. Maka, dengan hadirnya daun cincau bagi pengidap diabetes. Nyatanya, sangat membantu dalam mengembalikan kerja insulin agar dapat bekerja lagi ke seperti dulu. Manfaat Daun Cincau untuk Diabetes

Cara Meracik Daun Cincau Untuk Diabetes
  1. Siapkan beberapa daun cincau
  2. Cuci sampai bersih
  3. Masukan kedalam panci dengan menambahkan air secukupnya
  4. Lalu, lakukan rebusan dan diamkan beberapa menit
  5. Setelah itu, masukan air rebusan tersebut kedalam wadah
  6. Konsumsilah air rebusan sebanyak 2x sehari dengan takaran 200 ML

Itulah cara meracik daun cincau sebagai obat diabetes, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Posted By : QncJellyGamatHerbal

Manfaat Daun Cincau untuk Diabetes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *